Membuat Line follower dengan Pemrograman AT89S52/AT89S2051

Seperti yang sudah saya bahas pada tulisan saya” membuat line follower robot sederhana tanpa pemrograman” sekarang saya akan menampilkan cara paling mudah untuk membuat line follower robot dengan pemrograman, untuk penjelasan mengenai apa itu line follower saya sudah menjelaskan di tulisan saya sebelumnya yang jelas secara singkat bahwa line follower adalah robot yang bergerak mengikuti garis baik berwarna hitam atau pun putih.

Kita langsung saja kecara pembuatannya langkah-langkahnya sebagai berikut:

yang kita buat pertama kali adalah mekanik, jadi pembuatan sistem mekanik ini sangat lah penting jika dalam pembuatan mekanik sudah terjadi kesalahan maka percumah robot tidak akan berfungsi maksimal maka dalam pembuatannya harus benar-benar teliti.

Yang Perlu diperhatikan dalam pembuatan mekanik adalah

Bahan body diharuskan yang ringan seperti acrylic atau apapun yang ringan

Pastikan pemasangan roda berbentuk segitiga sama sisi

Untuk roda belakang diharuskan bergerak kesegala arah makanya kita bisa menggunakan laker/bearing yang berukuran diameter luar 1cm dan diameter dalam 3mm dan juga kita siapkan baut dan mur 3mm dengan panjang 5cm dan juga kita siapkan head bekas pada radio/tape digunakan sebagai roda belakang.

atau teman teman bisa membelinya yang sudah siap rakit seperti gambar dibawah ini, akan lebih mempermudah teman-teman dalam membuatnya karena sudah dilengkapi roda motor+gearbox dan juga casis, teman-teman hanya tinggal merakitnya sendiri mudah dan cepat

Lalu langkah selanjutnya adalah pembuatan PCB, dalam line follower robot ini karena kita menggunakan pemrograman maka dalam rangkaiannya diperlukan input dan output dalam hal ini input berasal dari sensor IR (Infra red) dan FD (Fotho Diode) dan output merupakan 2 buah motor DC yang dikontrol oleh driver motor menggunakan IC L293D, dan yang paling penting adalah modul mikrokontroler yang digunkan sebagai otak kendali semua sitem nah dibawah ini saya berikan semua rangkaiannya

Silahkan di download untuk gambar rangkaian keseluruhan sistem disini GAMBAR RANGKAIAN

dan untuk pembuatan setelah PCB dan mekanik selesai silahkan mendownload disini MANUAL PEMBUATAN

dan untuk program dapat anda download disini Program Assembler untuk robot Line follower

Nah seperti itulah cara-cara pembuatan untuk line follower robot dengan pemrograman menggunakan mikrokontroler AT89S52/AT89S2051 selamat mencoba semoga berhasil pantang menyerah coba terus saya yakin pasti bisa jika ada kesulitan silahkan menghubungi saya di 081514249963 saya dengan senang hati akan membantu, dan jika ada yang ingin pembuatan PCB saya juga sudah menyiapkannya beserta dengan komponen lengkap harga bisa dinego…!!! teman-teman bisa melihatnya di lingk berikut ini

http://lapakmikrorobotik.blogspot.com/2011/12/line-follower-robot-dengan-pemrograman.html

terimakasih ini saya tampilkan juga video hasil karya saya yang sudah diuji semoga dapat memberi dorongan semangat untuk semuanya

56 thoughts on “Membuat Line follower dengan Pemrograman AT89S52/AT89S2051

  1. Wah bagus ini…….berapa nich harganya kalau saya mau pesan bos….untuk tugas sekolah bos….

    • Mas eka silahkan mencoba dulu sendiri…!!!!di blog ini kan saya sudah memberikan semua gambar rangkaian, dan komponen lengkap beserta programnya silahkan didownload sangat mudah mas silahkan dicoba terlebih dahulu nanti kalau sudah mentok baru saya buatkan, jika bingun silahkan telpon saya atau silahkan datang ketempat saya pintu saya terbuka kok kita belajar bareng….!!!!

  2. Mas saya membuat line follower dengan motor DC 3 V (Motor Tamiya). Line follower sudah jadi, tapi saya menemui masalah karena speed yang robot saya lumayan cepat. saya memang ingin membuat robot line follower yg cepat. untuk driver saya hanya menggunakan driver TIP 41 untuk men on off motor. menjadi masalah karena ketika off, motor masih memiliki momen inersia sehingga tidak langsung berhenti (motor off tapi mash berputar kira2 0,5 – 1 sekon). Akibatnya pembacaan garis tidak akurat . Ketika V input motor diturunkan robot dapat mengikuti garis dengan sempurna namun terlalu lambat dan saya kurang puas. untuk sensor saya menggunakan photo dioda. Adapun saya tidak menggunakan mikro tetapi OpAmp komparator TL084. Bagaimana solusinaya? Sebisa mungkin saya menghindari penggantian motor dan gearbox. karena di kota saya sulit sekali mencari motor dc yg murah dan bagus. untuk gearbox pun saya menggunakan gearbox yang mirip anda gunakan (melihat video anda). saya belum sempat ke toko elektronika karena kesibukan. Apakah penggunaan ic logic n0t + driver H bridge membantu? sehingga motr bukan on off tetapi cw dan ccw? atau saya harus menggunakan pwm?

    • Begini mas edwin mas bisa lihat pada link ini http://utakatikmikro.wordpress.com/2010/06/18/membuat-line-follower-robot-sederhana-tanpa-pemrograman/ saja juga sudah membuat line follower tanpa mikrokontroler, jadi begini untuk menghilangkan momen inersia pada motor tamiya sangatlah sulit karena motor ini dapat menarik arus yang sangat besar tidak akan bisa sepenuhnya dihilangkan, makannya kita harus menggunkan dioda pada rangkaian driver motor mas kalau tidak salah mas menggunkan TIP 41 ya kan…????pakailah dioda agar menghindari arus balik kerangkaian lalu bisa juga mas pasangkan kapasitor di motor tamiya mas untuk nilai mungkin yg bernilai pF mas solderkan di kedua kutub motor sebelum dihubungkan pada rangkaian mas, dan saya sarankan gunakan 2 buah batre, batre yg pertama untuk daya rangkaian anda dan batre yang ke 2 khusus untuk daya motor anda jangan digabung antara daya rangkaian inti dan daya untuk motor, sebisa mungkin harus dipisah semoga membantu

  3. Halo mas ardath, salam kenal.
    saya masih pemula di sini jd belum begitu paham 100% tp mengerti tentang komponen sih…!!
    sy mau tanya kira2 kalau kita buat sendiri yang programeble total semua biaya untuk bahan2 semua nya berapa ya mas??? kalo dibandingkan dengan beli yang sudah jadi, kira2 mahal yang buat sendiri apa yang beli jadi ya???
    trus pertanyaan sama tapi untuk biaya pembuatan yang unprogrameble gmana
    TERIMAKASIH ……!!!!!!

    • Terima kasih mas sigit atas perhatiannya jadi begini biasanya saya menjual hanya PCB dan komponen lengkapnya saja, dan itu pun saya beri 2 buah PCB dan komponen lengkap sampai ke kabel dan batterynya dikondisikan supaya jika terjadi kesalahan masih punya cadangan satu PCB lagi, memang membuat sendiri lebih murah tetapi itupun tergantung kota kita apakah dikota kita komponen mudah tersedia dan harga relatif murah, dan dalam pembuatan PCB sendiri jika kita mendisain sendiri tentunya pasti akan lebih murah dibandingkan kita membeli karena ya pastinya adalah royalti untuk pendisain tersebut, apalagi jika kita membuatnya dengan cara penyetrikaan dan larutan fericloride, untuk PCB sendiri saya dalam pembuatannya sudah tidak menggunakan larutan kimia fericloride karena dapat merusak alam itupun sudah dilarang pemakaiannya diluar negri, sehingga saya menggunakan mesin miling untuk pembuatan PCB kelebihannya ya tidak merusak alam dan ketebalan tembaga dapat terjaga dengan baik jadi silahkan dipilih pilih mana yang mau dipakai, dalam blog saya sudah saya berikan semua dari gambar komponen sampai dengan program silahkan mas lihat, jika kurang jelas akan saya kirimkan via email oke selamat mencoba

      • Makasih mas balasanya sy ada beberapa prtanyaan lg mas:
        1. klo mesin miling untuk buat pcb itu bsa beli, buat sendri atau gmana? klo beli bs dibeli dimana??
        2.apa mas jual pcb dan komponen lengkap untuk pembuatan lfr programeble maupun unprogrameble? kalo ya.. kr2 brapa harganya??
        3. ya mas bisa dikirim ke email saya untuk gambar keseluruhanya dan sekalian daftar komponennya ke tomo.sigit@gmail.com
        Oke mas Thanks..!! Oh ya boleh donk mampir ke blog saya yang baru jadi klo smpat koment sekalian ya mas(hehe…)

        • Mas sigit mesin miling itu harganya sangatlah mahal jadi harus perusahan yang membeli mungkin ratusan atau miliyaran rupiah jadi jika saya pribadi tidak akan sanggup membelinya, untuk masalah harga dan semua gambar komponen sudah saya berikan lewat email selamat mencoba

          • mas, pertanyaan saya sama seperti Mas Sigit, kira2 biaya keseluruhan membuat robot line follower yg programeble itu berapa ya?

  4. Hlo mas sy mau tanya ..
    sy kan punya file namanya “lnflwer1.pcb”
    nah itu kan format ato extensinya .pcb lha sy bingung cara bukaknya gmana dan pake software apa???
    klo mas taho mohon bantu ya mas
    Terimakasih..!!

  5. mas… saya sudah coba rangkaian diatas
    tp kok gak jalan ya mas
    kalo program saya simulasikan lewat proteus jalan, dgn p3.3 diberi nilai “0″
    tp kalo ditambah driver motor malah gak jalan
    apa bisa saya pesan barang tersebut, soalnya untuk tugas kuliah saya sudah mau deadline
    alat yang saya rakit juga sudah mentok, saya menyerah.. hehehe

    kalo bisa, PM ya mas… harganya skalian ,.. makasih

  6. mas ardath… modul driver sensor nya saja brp hrgnya
    line follower saya sudah jalan cuman musti manual, saya sentuhkan ground ke port p3.0,1,2
    kalo modul driver sensornya saja brp ya

    • Mas satrio jika di sentuh secara manual Port P3.0 lalu P3.1 dan P3.2 dan berjalan dengan baik, yaitu dengan memberikan logika 0 pada Port-port tersebut berarti robot mas satrio sudah berjalan dengan baik, yang kurang adalah mungkin….???
      1. setingan pada sensor robot mas bagaimana..???apakah jaraknya dengan garis atau line yg mas buat itu pas lalu apakah posisi sensor sudah terpasang dengan baik terjadi pengiriman dan penerimaan sinyal yang baik…??? cara mengeceknya siapkan kamera digital lalu mas berikan power pada driver sensor yang terhubung dengan Infrared dan foto transistor lalu lihat dengan kamera digital apakah muncul cahaya ungu pada infrared mas jika tidak ada berarti infra red mas mati jika ada berarti infrared mas masih berjalan dengan baik, jika memang semuanya normal maka pemasangan sensor harus diperbaiki yaitu posis sejajar dan posisi diatas garisnya harus disetting ulang sehingga mendapatkan posisi yg pas…..!!!!

      2. jika pada sensor sudah tidak ada masalah tetapi robot tetap tidak berjalan diatas garis sedangkan jika kita angkat motor robot mau berjalan maka robot kelebihan beban pada casing sehingga tidak dapat berjalan maka solusinya mas harus menggunakan 2 buah battery, 1 battery untuk PCB utama yitu PCB driver sensor dan modul mikro sedangkan Battery yang ke 2 untuk power kw motor dan diusahakan battery yang dipakai untuk motor menggunakan battery kamera yang amperenya lebih besar….!!!

      oke selamat mencoba

  7. mas… masih blm bisa
    inframerah sudah keluar cahayanya
    klo untuk mengecek phototransistor bekerja atau tidak bagaimana??
    masang phototransistor masangnya dibalik kan??

    maaf mas ya.. saya tanya2 terus… butuh bgt soalnya

    • Jadi begini mas untuk mengecek fotodioda atau foto transistor memang agak sulit biasanya pada modul driver sensor kita beri LED untuk indicator bahwa infrared mengirimkan sinyal dengan baik kepada fototransistor atau fotodiode sehingga ketika sinyal infrared tertangkap oleh fototransistor atau foto dioda LED akan menyala. mungkin itu cara mengeceknya dan harus diingat bahwa fotodioda dalam pemasangannya kaki yang pendek merupakan kaki positip dan kaki yang panjang merupakan kaki negatip…..oke selamat mencoba

      oh iya posisi infrared dan fotodiode harus diperhitungkan juga ya mas jika ia sejajar maka harus bisa terpantul dengan baik mas bisa mengeceknya dengan memberikan lakban hitam di bawahnya sensor jika sensor terkena warna hitam dan LED pada modul sensor menyala maka sensor berjalan dengan baik, lakukan itu pada setiap titik sensor yaitu sensor kiri tengah dan kanan, semuanya harus bisa mengirimkan dan menerima sinyal dengan baik jika diberi warna hitam maka posisi sejajarnya harus di perhitungkan oke dan juga ketinggian dari garis selamat mencoba……sukses

      oh iya kalau bisa saya minta foto robotnya mas saya ingin lihat mekanik yang mas buat, mungkin kesalahan terletak disana oke terima kasih silahkan kirim ke email saya oke..foto mekanik keseluruhan dari body samapai roda rodanya

  8. mas aku minta dikirimi harga pcb sama alat alatnya.nanti aku kebandung untuk beli barangnya..mau coba sekalian belajar.maaf mengganggu ya mas

  9. mas, tolong infokan berapa biaya 1 set komponen lengkap untuk membuat robot line follower. Di kota saya di utara kalimantan sangat susah untuk mendapatkan komponen-komponen elektronika sekaligus cara transfernya. kalo bisa harga minimal mas karena direncanakan untuk praktek siswa saya. ada kemungkinan pesan lebih dari satu kalo harganya bisa minimal. tolong ya mas kirimkan via email saya fairuz_azizah@yahoo.co.id. oh iya kalo harga 1 robot yang sudah jadi (sebagai contoh bagi siswa) berapa mas?

    • Kebetulan saya menggunakan AT89S52 mas dikarenakan modul ini bisa saya gunakan dilaptop atau dinotebook karena dapat menggunakan USB ISP Downloader, dan juga AT89S52 memiliki 3 timer dan juga memori internalnya jauh lebih besar yaitu 8Kb, tetapi untuk instruksi dan bahasa pemrogramannya sama persis dengan AT89C51 jadi kalau mas sudah terbiasa dengan AT89C51 tidak akan bingung lagi dengan AT89S52 begitu mas….

  10. mas,aku dah bikin kaya rangkainny mas ini tapi jlanny ‘ngluyur’ g jlas kmna2 ni,hee. .,
    ada tips trikny g mas buat nylesein jlanny ini??

    klo bleh minta skema rangkain lengkapny sklian mas,buat ngcek sma yg ak buat ini..
    ni emailku octavianushangga@gmail.com
    terima kasih..

  11. mas,numpang tanya. di laptop saya tidak bisa memasukkan program.
    saya memakai AT 89S52 dan AT 89C2051
    jadi cara yang mudah untuk memasukkan program gimana y??
    saya pakai code visiion juga tidak kedetect..

    • Coba rangkaian AT89S52 nya mas gunakan USB ISP Downloader dan untuk mendownloadnya mas gunakan program (progisp) untuk menulis programnya mas bisa gunakan note pad tinggal diubah exstensinya jadi (.H51)

      semoga membantu

      • Saya sudah mencoba mendownload’a dengan downloader buatan sendiri.
        Saat saya reading AT89S52 bisa,saat writing gagal trz
        Saya pakai software ponyprog
        Saya sudah coba dengan sftwre ISP 3.0 dan aec-isp,tetap gagal
        Apa yg salah y

        • Sudah menggunakan USB ISP downloader, coba dibuat terlebih dahulu hardwarenya USB ISP Downloader kemudian gunakan software progisp. jika tidak mau juga beli IC yang baru mungkin IC rusak

  12. ass mas
    saya ingin bertanya neh mas….
    saya punya sebuah usb asp buatan saya sendiri..untuk AVR sukses, tapi g mau untuk MCS
    , sya coba download ke at89s51
    tapi ternyata gagal dan setelah saya lihat-lihat di internet ternyata at89s51 download programnya pake usb isp
    saya ingin bertanya
    apa perbedaan antara usb asp dengan usb isp
    saya baru belajar mas
    ada gak mas materi untuk buat usb isp, software pendukung, serta petunjuk penggunaanya
    kalau ada mohon bantuannya mas ke email saya ko_FTelektro@yahoo.com
    terimakasih mas

  13. Numpang nanya mas, sya dah coba buat yg pke at89s2051, tpi saat download pke usb asp kok eror trus y mas, tpi tuk at89s52 bisa.ap sistim rst pada kdua jnis uc trsbt sama pda saat download? Trima kasih mas.

  14. permisi Mas,, mau nanya. Kalo untuk motor line follower yang ngebut tau gak pke mtor apa?? Tlng ksih tau mas,,, robot kami rada-rada lambat

  15. terima kasih atas bantuannya ya pak, saya mau mencoba membuatnya…………
    didin herdian

    • Untuk penulisanny saya biasa menggunkan notepad dan saya simpan dengan format lalu saya ubah kedalam bentuk HEX mengunkan software ASM.51 baru saya download kedalam mikrokontroler dengan menggunakan USB ISP

Leave a Reply

