Cara membuat roket air sederhana

mungkin bagi teman-teman sukar sekali dalam pembuatan roket air, karena bingung harus bagaimana dalam pemilihan bahan dan juga sistem peluncurnya, kadang kalau kita melihat pada tayangan-tayangan di youtube semua terasa mudah he…he…padahal dibutuhkan ketelitian untuk membuatnya lalau bagaimanakah cara kita untuk membuat yang lebih sederhana oke berikut ini langkah-langkahnya :

Bahan-bahan yang harus disiapkan

1. Pipa paralon kalau tidak salah ukurannya 1/2″(biasanya untuk instalasi pipa air dirumah)

2. Selang ukuran paling kecil (selang untuk bensin)

3. Sambungan pipa persiapkan yg bentuknya T dan juga L seperti pada gambar

4. Botol Air mineral yang besar maupun yang kecil

5. lem, gunting, isolasi bolak balik, kardus bekas, lakban hitam

6. pemberat ( bisa menggunakan batu, kelereng, atau pun mur baut)

Langkah-langkah pembuatan:

1. Pasang pipa-pipa tersebut sampai membentuk seperti yang ada didalam gambar

oke pada gambar diatas kita lihat pipa-pipa disambung sedemikian rupa jangan lupa gunakan lem pipa agar lebih kuat disetiap sambungan baik itu sambungan yang berbentuk T dan juga yang berbentuk L,  lalu bor bagian tengah sambungan pipa yang berbentuk T untuk dimasukan selang kedalam pipa, dan ingat masukan selang sampai ke ujung atas pipa dan ingat ukuran lubang bor diusahakan pas dengan ukuran selang, kemudian agar udara yang dipompa tidak bocor kedalam pipa berilah isolasi pada ujung pipa yang dimasuki oleh selang tetapi harus diingat selang agak keluar sedikit dari pipa.

2. Siapkan sistem peluncur

Lihat pada gambar itu hanya terdiri dari 8 buah kabel teast ( kabel teast itu merupakan penjepit yang jika sudah dimasukan tidak dapat dibuka lagi biasanya untuk di selebor sepeda) lalu kabel teast digabungkan menjadi satu dan diberi lakban hitam, nah kabel teast ini lah nanti yang digunakan untuk menjepit mulut botol seperti pada gambar

Silahkan lihat video dibawah ini untuk pembuatan sistem penjepit pada peluncurnya

lalu pipa digelembungkan dengan menggunakan api tapi hati-hati jangan sampai rusak, sehingga pipa akan menggelembung dan berfungsi sebagai penahan botol air mineral nanti, sehingga ketika dipompakan udara tidak akan keluar dari dalam botol

setelah itu gabungkan kabel teast tadi dengan pipa yang sudah digelembungkan seperti pada gambar ini

Ini saya berikan video setelah kita menyiapkan pengunci dan setelah membakar pipa untuk keseluruhan pembuatan roket air kita

2. langkah kedua siapkan botol dan bentuk sesuai dengan gambar berikut beri sayap dan juga kepala yang lancip berbentuk kerucut dan jangan lupa diberi pemberat di dalamnya

setelah selesai semua siapkan pompa sepeda dan seember air lalu kita siap untuk luncurkan ingat pada proses peluncuran jumlah banyak sedikitnya air mempengaruhi ketinggian roket oleh karena itu cobalah sendiri berkali-kali nanti juga kamu akan menemukan takaran yang pas

lihat video dibawah ini untuk lebih meyakinkan selamat mencoba semoga sukses

About these ads

128 thoughts on “Cara membuat roket air sederhana

  1. Untuk teman-teman yang telah melihat saya berharap comentar teman-teman dalam pembuatannya apakah mengalami kesulitan atau ada cara yg lebih mudah lagi mohon shering disini demi kemajuan kita bersama. OK Cerdaskan indonesia

          • Gunakan pentil dari bandalam bekas, lalu sambungkan pentil tersebut dengan selang menggunakan kabel tiest atau lem, maka pentil tersebut bisa terhubung dengan pompa, alhasil mas akan seperti memompa ban sepeda saja tidak ada perbedaan.

          • Membuatnya dengan menggunakan kardus bekas, dibentuk segitiga sama sisi lalu dipotong menjadi 2 bagian yg sama rata lalu agar tidak cepat basah balut dengan lakban bening kemudian ditempelkan pada botol yg akan dijadikan roket menggunakan lem alteko, dan juga lakban hitam, diusahakan menyusunnya sejajar semuanya, ada 4 buah sayap

    • Begini mas pada bagian akhir dari selang saya berikan lakban atau mas kalau mau penutup pipa sehingga udara tidak keluar pipa saat dipompa, tetapi selang tetap keluar sedikit agar udara didalam botol sempurna, untuk penggelembungan memang harus hati-hati mas pakai lilin pemanasannya jangan terlalu dekat dengan api, agak diatasnya lilin sehingga hanya mendapat panas sedang lalu ditekan bersamaan tangan kanan dan kiri tekan kedalam tapi juga harus pelan pelan sampai bpipa menggelembung sempurna maka lepas dari pemanas api. agak gosong tidak masalah nanti bisa dicat atau diberi penghias untuk menutupinya.

      terima kasih semoga membantu

    • menggunakan karton yang agak tebal juga bisa mas atau kertas prespan biasanya ada di tempat jual kawat email untuk motor dan generator, tapi lebih gampang menggunkana karton yang agak tebal saja mas…oke selamat mencoba

  2. Mas mau tanya, pipanya itu panjangnya berapaan aja ya mas? terus ukurannya juga berapa? karena kami coba yang 3/4″ gak bisa cocok sama botol 1 1/2 liter alias gak masuk, mulut botolnya.

    • pipa yang biasa untuk saluran air dirumah mas…!!!untuk masalah panjang itu terserah disain masing masing orang ada yang panjang dan pendek bahkan kemarin saya terapkan di SMA jakarta mereka malah menbuat seperti pistol atau basoka pendek tapi daya lontarnya bagus,

    • saya beri seal atau penghalang agar udara tidak bisa masuk kedalam pipa, bisa mas gunakan selotip, atau lakban atau mas punya bekas ban, yang penting seal tersebut menutup bagian antara selang dan pipa sehingga udara tidak bisa menghantar ke pipa hanya ke botol saja…

    • sistem krejanya adalah uadara dipompa melalui selang menuju kedalam botol yang terisi dengan air ketika udara sudah memenuhi ruangan didalam botol maka udara tersebut akan memberikan gaya dorong ke air untuk meluncur, maka diperlukan adanya pendelayan waktu sebelum roket diluncurkan

  3. mas airnya nggak apa2 kalo kebuang?
    trus hasil praktik ku stlah di pompa nggak meluncur roketnya….
    mhon srannya……

    • sebenarnya tidak boleh, karena air fungsinya untuk penekanan jadi sebisa mungkin jangan terbuang airnya dengan cara pipa digelembungkan sehingga lubang botol press dengan pipa yang telah digelembungkan dengan menggunakan lilin.

  4. keren mas, tp pipa besar yang di tempel deket mulut botol dan kabel teast fungsinya apa ya n ukurannya berapa? thanx…

    • Kabel teas fungsinya untuk mengunci botol agar tidak terbang pada saat botol diberikan udara dari pompa, dan pipa besar fungsinya juga sebagai penguat penguncian yang dilakukan oleh kabel teas

  5. mas saya ervan saya sudah mencoba buat tapi kunci ya kanpakai pipa yang besat tapi pipa yang besar harus lebi besar dari mulut botol kira kira ukuran pipanya berapa . terima kasih

  6. mas ko susah banget, pengen coba tapi ga ada panduan atw pun yang ngajarin, ribet banget,padahal kepengen banget aq buat roket air,tapi ga ada yang ajari secr langsg. gimn yaaa, adakah buku panduannya?

    • oh ya, saya kira dengan panduan melalui video sudah cukup oke nanti saya posting lagi langkah langkah awal melalui video ditungu ya mas

  7. mas saya sudah buat roket tapi roketnya bisa tidak tinggi, hanya melebihi rumah..! bagaimana tuh mas apa kurang memompanya..? atau gimana..?. apa sirip dan kerucut roket juga mempengaruhi……? MOHON BERITAU

    • Cara menerbangkannya adalah menggunakan selang yang sudah dihubungkan dengan pompa sepeda lalu dimasukan kedalam pipa 1/2″ dan kemudian pipa tersebut akan diletakan botol airmineral dan akan dikunci oleh kabel teas dan ditahan oleh pengunci yaitu pipa yang lebih besar setelah angin didalam botol sudah terisi secara optimal baru kunci tadi dilepas maka botol yang sudah terisi air akan meluncur

    • kalau masalah beli kabel teas, mas bisa mendapatkan nya dibengkel sepeda motor kabel teas biasanya sering digunakan untuk mengunci slebor sepeda atau selebor motor yg sudah rusak coba cari di bengkel motor, atau bengkel sepeda, atau di material bahan bangunan yg terdekat dikota anda

  8. Mas mau nanya gwe dah bikin semua kerang kaya kyk yang di jelasin di atas , tapi pas di pompa roket nya ga terbang :( binggung mas tolong jelassin apa yang kurang nya kira”

    • Oke apakah mas sudah melakukan langkah langkah seperti yang saya tulis di blog saya yaitu:

      1. apakah pipa pralon yang mas pakai sudah tepat?

      2. apkah pipa sudah dipanaskan sehingga menggelembung, dan botol bisat tertahan pada bagian yang dipanaskan tersebut?

      3. apakah pembuatan roket dari botol air mineral sudah dilengkapi dengan sirip atau sayap dan pemberat pada ujung nosel?

      4. apakah sudah dimasukan air kedalam botol ketika mau dipompa dan sebelum dipompa apakah air masih keluar? seharusnya yg benar tidak ada air yang keluar dari botol ketika angin dipompa kedalam botol!

      5 kalau air masih keluar maka pengunci harus dibenarkan, lihat kabel teas yg mas buat bagaimana?

      jika tidak ada masalah seharusnya sudah bisa terbang atau mas bisa dateng ketempat saya saya ada contoh satu yg sudah jadi nanti saya terangkan, kalau mas berdomisili di bandung

      • 1 nie masalah nya pipa yang menggelembung udah bisa nahan tapi masih ada air netes dikit demi sedikit . soal cable ties saya yakin udah sama kyk yang mas buat jadi gimana nie mas binggung saya sama temen-temen ngerjain nya

  9. Pingback: percobaan | Saling berbagi itu indah

  10. pemberatnya untuk apa ya… fungsinya……?
    lalu, apakah bagian belakang botol perlu dibolongi seperti yg ada digambar?
    bagaimana cara agar air tidak merembes….. saya masih kurang paham…. sudah 3 x saya baca

  11. klo boleh sy bri saran, coba moncong roketnya dibuat bentuk ogive dri botol bekas soda (misal pepsi/bigcola) truz dipotong dan dilapisi dgn fiberglass ini juga brfungsi untk memperberat moncong selain memperkokoh struktur .moncong ogive ini ckup bgus untk roket yg memiliki kecepatan dibawah subsonic, drag nya kcil. Bda klo bntk kerucut/conical ,dragnya bsar pda kcpatn subsonic dan efektipnya pda kcepatan diatas supersonic. Trimaksih

    • dimasukan kedalam pipanya mas, dari sambungan T itu mas bor tapi harus diingat harus seukuran dengan selangnya jadi agak ngepres masuknya biar udara nggak keluar ketika dipompa.

  12. Mas, saya mau kasih saran..
    gmana kalo bgian paralon1/2″ yg dibakar itu diganti dengan “dipotong, kemudian disambung dengan Paralon1/2″ bagian ujung yg besar”, klo beli 1batang kn psti ada kaya gitunya
    sy udah nyoba itu dirumah, dan pasti meluncur’nya lurus, ga trgantung d’bakar

    maaf sih, saya nyoba’nya udah 1 thn’an tp baru saja saya saranin

  13. mas klo mau tau kpn tekanan dlm roket dah cukup bwt diluncurin gmn? saya masih bingung kadang kecepetan diluncurin jaraknya jd gak maks

    trims bwt tutorialnya

    • memang agak sulit mas jika menggunakan pompa sepeda, tapi kalau menggunakan kompresor lebih enak karena ada indikator tekanannya, kalau pakai pompa ban ya memang harus filing yang main…..

  14. Mas,, saya masih belum mengerti tentang fungsi paralon yg dekat dengan kabel teast nya,, di video nya si paralon itu di ke atas kan pada saat botol sudah terkunci oleh kepala kabel teast… terus cara menggembungkan paralon nya dibakar nihhh,,, nah apabila tidak digembungkan adakah kendala dan meluncurkan roket air.. ditunggu mas jawabannya :) Anisah “Bandung”

    • ya fungsinya paralon untuk mengunci botol agar tidak lepas pada saat dipompakan udara, dan masalah pipa jika tidak dipanaskan dan digelembungkan akan sangat berpengaruh sekali karena jika tidak dilakukan maka air akan mengalir keluar dari botol, maka fungsi digelembungkan agar ukuran pipa sesuai dengan ukuran diameter lubang dari mulut botol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s